Catatan Nila

Kamis, Desember 18, 2008
Persiapan Bahan - Metode Glenn Doman
Materi bahan-bahan untuk kegiatan belajar membaca ini dibuat sesederhana mungkin. Tentu dengan mempertimbangkan kemampuan dan keterbatasan penglihatan si kecil sesuai dengan perkembangannya. Materi pelajaran harus dirancang untuk memenuhi semua kebutuhannya, mulai dari melihat bentuk-bentuk yang sederhana sampai yang rumit.

Tuliskan kata-kata tunggal di atas kartu-kartu yang ukurannya disesuaikan dengan panjang kata atau kalimat dengan menggunakan kertas karton putih yang agak tebal dan kaku sehingga tidak mudah terlipat (15x50cm/12.5x50cm untk 25 kartu atau 10x50cm/10x30cm UNTUK 100-150 kartu). Bapak-Ibu harus menyiapkan kartu yang banyak. Ingat, si kecil biasanya akan cepat bosan, jadi Anda harus menyiapkan ratusan kata-kata tunggal sehingga tidak melakukan pengulangan pada kata-kata yang sama. Lakukan perencanaan dan persiapan lebih awal akan selalu lebih baik.

Tuliskan kata-kata tunggal, seperti mama, papa, kakak, adik, kakek, nenek, dengan spidol besar berwarna merah. Bapak Ibu jangan lupa untuk menuliskan kata-kata tersebut dengan huruf-huruf kecil dengan tinggi yang sama, misal 7,5cm atau 10 cm. Penggunaan huruf kecil ini memang biasa digunakan di dalam buku-buku. Anda bisa juga memakai huruf pertama dengan huruf besar pada kata yang selalu dimulai dengan huruf besar. Pastikan huruf yang Bapak-Ibu tulis terlihat jelas dan tebal. Tulisan yang jelas ini sangat penting untuk memudahkan si kecil membaca.

Tuliskan huruf-hurufnya dengan rapi dan jelas. Gunakan huruf cetak jangan huruf sambung. Tuliskan setiap kata di tengah-tengah kartu sehingga ketika Anda memegangnya tidak menutupi tulisan tersebut.

Pada bagian belakang kartu juga dituliskan kata tersebut dengan pensil. Ini untuk memudahkan Anda membaca dri belakang kartu ketika memperlihatkan kartu-kartu tersebut. Bapak-Ibu tidak perlu membolak-balikkan kartu tersebut.

Sumber : nutrisibalitacerdas.com

Label:

posted by Nila @ 05.04  
3 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
About Me

Name: Nila
Home: Madiun, Jawa Timur, Indonesia
About Me: Saya adalah seorang ibu dan sesungguhnya anak-anak saya kelak akan menjadi orang yang memperkuat Islam, menolong dan membelanya, bila saya mendidik mereka dengan baik. Kelak mereka akan mendoakan saya dalam shalatnya di penghujung malam.
See my complete profile
Previous Post
Archives
YOUR TITLE HERE

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.

Links
Powered by

BLOGGER